oleh

Komisi III DPR Setujui 2 Calon Hakim Agung & 2 Calon Hakim Ad Hoc Tipikor

Komisi III DPR telah menyepakati secara bulat empat calon Hakim Agung dan calon Hakim Ad Hoc Tipikor di MA pada Rapat Pleno Komisi III DPR yang digelar secara terbuka pada Rabu (29/6/2022)

Jakarta, b-Oneindonesia – Fraksi-fraksi di Komisi III DPR telah menyepakati secara bulat empat calon Hakim Agung dan calon Hakim Ad Hoc Tipikor di Mahkamah Agung (MA) pada Rapat Pleno Komisi III DPR yang digelar secara terbuka pada Rabu (29/6/2022) malam.

Keputusan ini diambil setelah melakukan rangkaian Uji Kepatutan dan Kelayakan (fit and proper test) terhadap 11 calon hakim yang diserahkan oleh Komisi Yudisial (KY) sejak Senin (27/6/2022).

“Berdasarkan pandangan fraksi yang dibacakan oleh masing-masing kapoksi atau yang mewakili atau juru bicaranya maka, Komisi III memberikan persetujuan atas nama calon Hakim Agung dan nama calon Hakim Ad Hoc Tipikor pada Mahkamah Agung Tahun 2021-2022,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir dalam Rapat Pleno di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (29/6/2022).

“Yaitu, A. Calon Hakim Agung: 1. Dr. Nani Indrawati SH, M.Hum kamar perdata; 2. Dr. Cerah Bangun SH, MH kamar tata usaha negara khusus pajak. B. Calon Hakim Ad Hoc pada Mahkamah Agung: 1. Dr. Agustinus Purnomo Hadi SH, MH; 2. H Arizon Mega Jaya,” sambungnya.

Adies pun menanyakan kepada fraksi-fraksi, apakah nama-nama tersebut dapat disetujui.

“Bapak, Ibu Anggota Komisi III, Pimpinan yang kami hormati, apakah nama-nama calon tersebut dapat disetujui? Sekali lagi saya tanya dapat disetujui?” tanya Adies dan dijawab oleh persetujuan dari anggota dan pimpinan dari 9 fraksi yang hadir.

Menurut Adies, hasil pleno Komisi III DPR ini akan disahkan pada Rapat Paripurna DPR pada Kamis 30 Juni 2022 besok.

“Selanjutnya hasil persetujuan ini akan dilaporkan dalam rapat paripurna DPR RI hari Kamis tanggal 30 Juni 2022 untuk diproses sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tutupnya.

Adapun 6 calon hakim yang mengikuti uji kelayakan di hari Selasa (28/6) kemarin adalah Calon Hakim Agung Kamar Agama Abdul Hakim, Calon Hakim Agung Kamar Tata Usaha Negara (TUN) Khusus Pajak Triyono Martanto, Calon Hakim Agung Kamar Pidana Subiharta, Calon Hakim Agung Kamar Pidana Suradi, Calon Hakim Agung Kamar Pidana Wilem Saija dan Sudharmawatiningsih

Sementara 5 calon hakim lainnya yang akan menjalankan uji kelayakan pada hari ini adalah Calon Hakim Agung Kamar Perdata Nani Indrawati, Calon Hakim Agung Kamar Tata Usaha Negara Khusus Pajak Cerah Bangun, dan 3 Calon Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi di MA Agustinus Purnomo Hadi, Arizon Mega Jaya, dan Rodjai S Irawan.

Share this:

Komentar