Kandidat Terkuat Gerindra DKI, Ahmad Riza Patria Maju Pilgub Jakarta 2024

Jakarta, B-OneindonesiaBendahara Partai Gerindra DPD Provinsi DKI Jakarta Iman Satria mengakui nama eks Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria muncul sebagai kandidat terkuat untuk maju sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta tahun 2024.

“Benar [potensial dicalonkan]. Sementara ini yang saya lihat dari DPD [Gerindra] ya hanya Pak Ariza,” kata Iman, Kamis (29/2).

Iman menjelaskan Riza memiliki pengalaman yang mumpuni lantaran pernah menjabat sebagai wakil gubernur DKI Jakarta. Baginya, kemampuan tersebut menjadi modal tersendiri bagi Riza.

Meski begitu, Iman mengatakan tak tertutup ada calon lain yang potensial untuk diusung Gerindra pada Pilkada DKI 2024 mendatang.

“Saya belum lihat yang lain. Ya tak tertutup kemungkinan yang lain juga ada. Mungkin dari DPP. Saya belum tahu yang lain dari kaca mata saya DPD, ya Pak Ariza,” kata dia.

Lebih jauh, Iman mengatakan proses kandidasi Pilgub DKI Jakarta nantinya akan diputuskan oleh DPP Partai Gerindra. Namun, ia mengatakan pembahasan kandidat nantinya akan dibahas bersama antara DPP dan DPD Gerindra DKI Jakarta.

“Makanya ini kita harus sinergi dengan DPP. Karena urusan gubernur itu urusan DPP, tapi enggak tutup kemungkinan ada pembahasan bersama,” kata dia.

Terpisah, Sekretaris DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Rani Mauliani mengakui Riza sudah paham dengan urusan di DKI Jakarta.

“Pak Ariza memang bisa dibilang sudah paham dengan urusan DKI Jakarta, mengingat beliau pernah jadi wagub,” kata Rani.

Meski begitu, Rani mengatakan sejauh ini belum ada instruksi dari DPP Gerindra mengenai Pilgub DKI. Pasalnya, Gerindra sedang fokus dalam pengawalan suara pilpres dan pileg 2024.

“Karena jumlah kursi jg menjadi penentu dalam kontestasi nanti, untuk itu semoga Gerindra dapat mempertahankan kursi maksimal sebaik-baiknya, so kita tunggu saja arahan dari DPP nanti seperti apa,” kata dia.

Belakangan ini sejumlah politikus digadang-gadang masuk bursa maju menjadi calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024. Nama politikus yang sudah mencuat antara lain Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki Iskandar dari Golkar serta Ahmad Sahroni dari NasDem.

6 Wajah Baru akan Warnai Fraksi Gerindra DPRD DKI

Partai Gerindra memperoleh hasil kurang menggembirakan dalam kontestasi Pemilu 2024. Partai pimpinan Prabowo Subianto itu diperkirakan cuma meraih 13 kursi DPRD DKI Jakarta periode 2024-2029. Padahal pada Pemilu 2019, Gerindra sukses memborong 19 kursi.

Hal itu berdasarkan data yang masuk ke aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dilihat redaksi pada Minggu (25/2) pukul 15.15 WIB.

Dari 13 caleg Partai Gerindra yang berpeluang lolos ke Kebon Sirih, enam orang di antaranya adalah wajah baru.

Keenam caleg tersebut adalah Nuchbatillah dari Dapil DKI Jakarta 1, Aqila Rahmani dari Dapil DKI Jakarta 2, Alief Bintang Haryadi dari Dapil DKI Jakarta 3, Ali Hakim Lubis dari Dapil DKI Jakarta 5, dan dari Dapil DKI Jakarta 6, dan Jamilah Abdul Gani dari Dapil DKI Jakarta 10.

Sementara tujuh caleg petahana yang berpotensi bertahan di DPRD DKI Jakarta adalah Dian Pratama, Adnan Taufiq, Setyoko, Inggard Joshua, Wahyu Dewanto, Rany Mauliani, dan Yudha Permana.

Sedangkan caleg Gerindra petahana yang raihan suaranya kalah bersaing dengan caleg pendatang baru adalah Nurhasan, S. Andyka, Esti Arimi Putri, Iman Satria, Syarif, Ichwanul Muslimin, Syarifudin, Thopaz Nuhgraha Syamsul, Bastian P. Simanjuntak, dan Munir Arsyad.

Khusus Prabowo Soenirman tahun ini tidak ikut berkontestasi di Pemilu DPRD DKI Jakarta

Komentar