PT SARBI Membagikan 600 Sembako dan Masker untuk Masyarakat Sekitar Hutan

b-oneindonesia-Menjelang Hari Raya Idul Fitri,  PT. Sarbi Moerhani Lestari atau SARBI  membagi-bagikan sembako di lokasi rehab DAS. Jumlah sembako yang dibagikan sebanyak 600 paket, yang terdiri dari beras, minyak goreng, kecap, gula pasir, kopi, makanan, mie instan dan lain-lain, Selain  paket sembako juga dibagikan masker kepada masyarakat di sekitar hutan.

Direktur Utama PT  SARBI Ateng Sutisna mengatakan perusahaan telah  berkomitmen selama pandemik Covid-19  tidak ada pengurangan pekerja. Bahkan khusus dilokasi Hutan Lindung Teluk Bintuni Papua Barat, justru menambah para pekerja yang Sebagian besar terdampak kebijakan PSBB oleh pemerintah.

“Kami dari pihak perusahaan berkomitmen selama pandemi Covid-19, akan membantu masyarakat namun kami minta maaf, belum bisa menampung masyarakat semua karena terkendala dengan terbatasnya supply logistic, supply air bersih dan supply BB. Hal ini disebabkan bahan-bahan tersebut dikirim dari luar Papua. Selain itu, harga-harga  meningkat mencapai lebih dari 30% .”

Sementara itu, Direktur Produksi HSB Wawan Hermawan Tjarata mengatakan para manager lapangan telah sepakat pada Hari Raya Idul Fitri tetap bekerja sekaligus mengamankan diri di hutan dari terpaparnya Covid-19.

“Jadi selama lebaran mereka tetap mengisolasi diri, tidak ada yang pulang atau mudik dan tetap bekerja untuk hutan Indonesia dengan hastag #coronadikotakamidihutan.”

Sesuai dengan SOP HSE SARBI untuk melindungi para karyawan dan semua pekerjanya disediakan fasilitas Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, sarung tangan, hand sanitizer, alat pengukur suhu, tempat cuci tangan di mess karyawan serta pembuatan himbauan-himbauan (safety sign) yang tercetak di banner untuk tidak keluar masuk areal selama Covid-19 belum berakhir.

Walaupun bekerja di hutan, SARBI tetap patuh mengikuti kebijakan pemerintah seperti lockdown dan PSBB, serta melaksanakan social distancing dan pycycal distancing.

Khusus kegiatan pembagian sembako dan masker  di wilayah kerja Pusrehut UNMUL Kalimantan Timur, SARBI mendapat dukungan penuh dari Kepala Pusrehut UNMUL  Sukartiningsih,  dengan ikut mensupport menyumbang masker untuk kegiatan yang dilakukan SARBI.

Lokasi  yang dibagikan sembako dan masker tersebut berada di 5 provinsi, yaitu di Areal Rehab DAS BP Berau Limited (berlokasi di Hutan Lindung Teluk Bintuni Papua Barat) di areal Rehab DAS PT. Trubaindo Coal Mining ( berlokasi di HPPBS di bawah pemangku Pusrehut Universitas Mulawarman Kalimantan Timur), di areal Rehab DAS PT. Nusa Halmahera Mineral ( berlokasi di HL Gunung Hamiding I dan HPT Ake Ngabengan Gunung Tolu-tolu Maluku Utara),  di Rehab DAS PT. Jorong Barutama Grestone (berlokasi di Hutan Lindung TAHURA SULTAN ADAM Kalimantan Selatan) dan di sekitar areal Pusat Pembibitan SARBI di Majalengka Jawa Barat.

Komentar