Rapim TNI, Presiden Jokowi Sematkan Pangkat Jenderal Kehormatan Bintang Empat ke Prabowo

Jakarta, B-OneindonesiaMenteri Pertahanan RI Prabowo Subianto akan menerima kenaikan pangkat menjadi Jenderal TNI (HOR) besok.

Prabowo dijadwalkan menerima tanda kehormatan tersebut dalam Rapat Pimpinan TNI di Mabes TNI besok.

“Benar, besok Pak Prabowo akan hadir di Rapim TNI dan rencananya akan menerima Keppres dari Presiden terkait dengan tanda kehormatan berupa kenaikan pangkat secara istimewa menjadi Jenderal TNI. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan,” kata juru bicara Menhan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, dalam keterangan videonya, Selasa (27/2/2024).

Dahnil mengatakan sejumlah tokoh militer pernah menerima tanda kehormatan serupa.

“Hal yang sama pernah diperoleh oleh Pak Jenderal SBY, Pak Luhut, Pak Hendropriyono, dan beberapa tokoh yang lain,” kata Dahnil.

Dahnil kemudian memerincikan alasan pemberian tanda kehormatan ini kepada Prabowo. Dahnil menyebutkan dedikasi serta kontribusi Prabowo diakui dalam dunia militer.

Dahnil mengatakan tanda kehormatan yang akan diterima Prabowo merupakan usul Mabes TNI kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pemberian jenderal penuh kepada Pak Prabowo didasarkan pada dedikasi dan kontribusi Pak Prabowo selama ini di dunia militer dan pertahanan,” kata Dahnil.

“Oleh sebab itu, Pak Prabowo diputuskan diusulkan oleh Mabes TNI kepada Presiden untuk diberikan jenderal penuh dan insyaallah besok Pak Prabowo akan menerima tanda kehormatan kenaikan pangkat istimewa tersebut di Mabes TNI,” imbuh dia.

Komentar