Pernyataan Prabowo Usai Dinyatakan Menang Pilpres oleh KPU

Jakarta, B-Oneindonesia – KPU menyatakan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024. Setelah dinyatakan menang, Prabowo berpidato di depan para pendukungnya.
Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, Prabowo-Gibran unggul dengan suara sah sebanyak 96.214.691 dari total suara sah nasional.

Berikut perolehan suara nasional Pilpres 2024

Anies-Cak Imin 40.971.906 suara
Prabowo-Gibran 96.214.691 suara
Ganjar-Mahfud 27.040.878 suara

Pasangan Prabowo-Gibran pun unggul di 36 provinsi. Sedangkan pasangan Anies-Cak Imin unggul di 2 provinsi lainnya.

Prabowo lalu berpidato di kediamannya di Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024) malam usai pengumuman KPU terkait kemenangannya. Prabowo ditemani sejumlah elite parpol pendukungnya.

1. Terima Kasih ke Rakyat Indonesia.

Prabowo memulai pidatonya dengan mengucapkan terima kasih. Terima kasih itu tertuju kepada rakyat Indonesia.

“Saya atas nama pribadi dan atas nama pasangan capres dan cawapres 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming dan atas nama Koalisi Indonesia Maju yang telah mengusung kami ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh rakyat Indonesia,” kata Prabowo.

2. Terima Kasih ke Jokowi

Tak lupa, Prabowo juga mengucapkan terima kasih ke Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Prabowo turut memuji Jokowi. Menurutnya, Jokowi telah memberikan contoh rekonsiliasi besar.

“Saya ingin juga menyampaikan terima kasih saya dan penghargaan saya yang sebesar-besarnya kepada Presiden RI Pak Joko Widodo,” katanya.

“Dengan kenegarawanan beliau telah memberi contoh rekonsiliasi besar, lawan beliau sekian tahun, sepuluh tahun ya. Beliau rangkul dan bahkan beliau yang juga sangat besar mendorong saya, sehingga hari ini saya mendapat mandat dari rakyat,” terang Prabowo.

3. Pemimpin Dunia Terkesan

Prabowo bersyukur atas kemenangannya. Prabowo menyebut Pemilu Indonesia juga telah diakui oleh dunia.

“Pemilihan umum yang telah kita laksanakan diakui oleh dunia yang disampaikan kepada saya melalui ucapan-ucapan dan surat-surat oleh banyak kepala negara, kepala pemerintah dan duta besar,” kata Prabowo.

Prabowo menyebut para pemimpin dunia memantau jalannya Pemilu di Tanah Air. Menurutnya, para pemimpin dunia itu terkesan dengan gelaran Pemilu Indonesia yang berjalan lancar dan tertib.

“Mereka yang memantau jalannya pemilu kita menyatakan terkesan atas lancarnya pemilu kita, atas tertibnya, dan atas ketenangan, kesejukan dan suasana gembira yang dirasakan terjadi pada hari Pemilu tersebut tanggal 14 Februari lalu,” ucap Prabowo.

“Pemilu kita ternyata Pemilu terbesar di dunia yang dilaksanakan dalam satu hari, itu ternyata emang dipantau banyak negara. Kita sendiri merasakan betapa lancar dan sejuknya pelaksanaan pemilihan ini,” tambahnya.

4. Pesan Persatuan

Prabowo menghargai pemilih paslon 01 dan paslon 03. Prabowo menggaungkan seluruh elemen rakyat harus bersatu pasca Pilpres.

“Bagi mereka yang tidak memilih kami, berilah kesempatan kami. Kami akan buktikan, kami akan menjadi presiden, wakil presiden, pemerintah yang akan bekerja sekeras-kerasnya untuk rakyat Indonesia,” kata Prabowo.

Prabowo mengatakan gelaran Pemilu 2024 telah usai. Dia menghargai apa pun yang menjadi pilihan rakyat saat pemilu.

“Pemilihan umum, pemilihan presiden terutama, sudah selesai. Semua pilihan rakyat harus kita hormati. Yang memilih 02 kita hormati, 01 kita hormati, 03 kita hormati. Kita bersatu,” ujarnya.

Komentar