oleh

Megawati Lantik Pengurus DPP PA GMNI, Dinakhodai Hakim MK Arief Hidayat

Jakarta, b-Oneindonesia Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengukuhkan pengurus DPP Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) periode 2021-2026. Megawati mengingatkan agar para pengurus PA GMNI yang baru melaksanakan sumpah dan janji jabatan.
Pengukuhan tersebut berlangsung di The Hotel Sultan & Residence, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Sabtu (26/3/2022). Acara tersebut juga dihadiri oleh Menko Polhukam Mahfud Md dan Ketua MK Anwar Usman.

“Kalau saya mengucapkan ini sekarang, untuk betul-betul diresapkan ke dalam hati masing-masing, karena saya seakan concern mengenai sumpah dan janji, karena sering kali orang lupa pada sumpah dan janji,” kata Megawati yang mengikuti acara secara virtual.

Megawati mengatakan para pengurus PA GMNI harus bersungguh-sungguh melaksanakan tugas selama masa jabatan. Dia menyebut janji diucapkan lahir dan batin.

“Sering kali orang lupa pada sumpah dan janji, sering saya kalau di internal, kalau mengucapkan bersedia itu adalah lahir batin, artinya tidak, jangan jadi koruptor dan sebagainya. Sehingga saya sangat berharap janji atau sumpah jabatan itu diresapi dan dilakukan selama periode kalian menjabat,” katanya.

Pembacaan Sumpah

Megawati memimpin pembacaan sumpah jabatan pengurus DPP PA GMNI.

“Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan memegang teguh dan mengamalkan Pancasila sebagai dasar negata dan ideologi negara, serta Undang-undang Dasar Negara Indonesia 1945 sebagai konstitusi negara”

“Bahwa saya akan memegang teguh dan mematuhi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta peratuuran organisasi Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia”

“Bahwa saya akan bersungguh-sungguh menjalankan tugas dan kewajiban saya sebagai Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia dengan sepenuh kemampuan saya”

“Bahwa saya akan menjaga tingkah laku saya dan akan menjalankan kewajiban saya sesuai kehormatan martabat dan tanggung jawab saya sebagai Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia”

Dewan Pengurus Pusat PA GMNI periode 2021-2026 dipimpin oleh Arief Hidayat sebagai Ketua Umum dan Abdy Yuhana sebagai Sekretaris Jenderal. Arief Hidayat merupakan hakim Mahkamah Konstitusi (MK).

Kemudian, Ketua Dewan Kehormatan diisi oleh Siswono Yudho Husodo, Ketua Dewan Ideologi dijabat oleh Guntur Soekarno Putra, Ketua Dewan Pertimbangan dijabat Soekarwo, dan Ketua Dewan Pakar dijabat oleh Ahmad Basarah.

Sambutan Ketum DPP PA GMNI Arief Hidayat: Mari Hidupkan Ideologi Pancasila

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPP PA GMNI) Arief Hidayat meminta seluruh anggota DPP PA GMNI untuk menjalankan visi dan misi organisasi yang kini dia pimpin. Arief meminta seluruh anggota bergerak untuk menangkal ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

“Teman-teman GMNI di mana pun harus menangkal ideologi yang bertentangan dengan Pancasila. Tugas kita untuk menghidupkan ideologi Pancasila supaya Pancasila bisa menjadi ideologi yang hidup, bekerja, menjadi tempat bersandar dalam menemukan solusi bernegara,” ujar Arief dalam pelantikan dan pengukuhan DPP PA GMNI.

Arief menyadari di era keterbukaan informasi ini memang sulit membendung narasi-narasi bertentangan dengan ideologi Pancasila. Namun demikian, dia menyebut bukan berarti hal tersebut tak bisa dilakukan.

“Jangan biarkan media sosial untuk menipu dan menjelekan negara dan ideologi Pancasila, harjs kita jaga NKRI ini dengan ideologi Pancasila,” kata dia.

Dia meminta kepada jajaran pengurus DPP PA GMNI 2021-2026 yang baru saja dikukuhkan ini terus berjuang membendung informasi yang berakhir merugikan negara.

“Maka alumni GMNI, seluruh pengurus yang dilantik dan dikukuhkan harus bekerja keras menjalankan peran yang seharusnya. Tanggung jawab yang sangat besar ada di tangan kita untuk menjaga persatuan menuju negara berkeadilan sosial yang harus dijiwai dengan ideologi Pancasila,” ujarnya.

Share this:

Komentar