oleh

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, Harapkan Bawaslu Kabupaten/Kota Sigap Gantikan Tugas Panwascam yang Belum Terbentuk

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Herwyn JH Malonda saat mengunjungi kantor Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Rabu 19 Juli 2022

Jakarta, b-Oneindonesia – Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda mengungkapkan jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota dengan dibantu supervisi Bawaslu Provinsi diharapkan sigap mengantikan tugas Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang masih belum terbentuk untuk sementara waktu. Hal tersebut dia ungkapkan saat melakukan kunjungan kerja ke kantor Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Rabu (19/7/2022).

Herwyn mengatakan, saat ini pembentukan Panwascam masih terkendala administrasi anggaran. Apabila sampai tahapan verifikasi faktual partai politik sudah dimulai namun jajaran Panwascam masih belum terbentuk, dirinya menegaskan, maka tugas tersebut diserahkankan kepada Bawaslu Kabupaten/Kota.

“Memang kita belum membentuk Panwascam, karena terkendala dengan beberapa administrasi yang salah satunya adalah anggaran. Maka ke depan pada tahapan verivikasi faktual, beban kerja Panwascam wajib dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Kota  di bawah supervisi dan asistensi Bawaslu Provinsi,” jelasnya.

Mantan Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara dua periode ini meminta adanya pemberdayaan dan kerja sama staf lintas-divisi dalam memaksimalkan peran mengganti tugas Pancawascam untuk sementara waktu.

“Kita kan punya staf di masing-masing divisi, mari kita bedayakan dan bekerja bersama agar proses pengawasan pada tahapan ini berjalan aman,” tegasnya.

Selain itu, lelaki yang pernah menyandang predikat mahasiswa teladan tingkat nasional ini meminta kepada tujuh Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta selalu sigap dan tanggap terhadap informasi yang berkembang terkait dengan kepemiluan.

“Karena saat ini tahapan sudah dimulai, sementara struktur kelembagaan Panwascam sampai tingkat bawah belum terbentuk,” imbuh doktor ilmu lingkungan.

Share this:

Komentar